Bupati Gorontalo Buka Rakorev Pengelolaan Keuangan.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo membuka Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pengelolaan Keuangan Pusat dan Daerah untuk Semester I Tahun 2017 bekerjasama dengan Kanwil Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, bertempat dilantai II Ruang Pola Kantor Bupati Gorontalo, Kamis (13/7).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Ismed Saputra serta Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Gorontalo, Totok Suyanto. Turut hadir juga Sekretaris Daerah, Hadijah U. Tayeb., Kaban Keuangan, Yusran Lapananda., Asisten Administrasi Umum, Hen Restu., Pimpinan SKPD., Kepala Bidang yang membidangi UAPPA-W., Tugas Pembantuan dan DAK Fisik., Pejabat Penyusun/Perencana Program dan Staf Perencanaan SKPD Pengelola UAPPA-W  serta pejabat lainnya dilingkungan Pemkab Gorontalo lainnya.

Mengawali sambutannya, Bupati Gorontalo mengatakan bahwa kegiatan ini sangat dibutuhkan oleh Pemerintah daerah karena menurutnya, antara pengelolaan keuangan dan kinerja harus benar-benar relevan sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Oleh karena itu pihaknya berharap agar kerjasama ini dapat terus terwujud dan tetap terjalin komunikasi dengan baik sehingga kalau perlu, bukan saja hanya sekali dalam setahun tetapi 2-3 kali dalam setahun kegiatan seperti ini dilaksanakan.

Sementara itu, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Ismed Saputra.,menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan standarisasi, sikronisasi dan harmonisasi pelaksanaan kebijakan serta untuk meningkatkan kualitas tata kelola dan akuntabilitas pengelolaan keuangan pusat dan daerah. Lebih lanjut, Ismed Saputra juga menambahkan bahwa ruang lingkup koordinasi meliputi beberapa hal, diantaranya yaitu pengelolaan pendapatan daerah, pengelolaan belanja, pengelolaan kas daerah, pengelolaan BLU, pengelolaan dana desa, akuntansi dan pelaporan, pengelolaan dana transfer, pengelolaan KUR serta penyampaian informasi keuangan.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Gorontalo, Totok Suyanto mengatakan bahwa pemerintah telah berkomitmen meningkatkan alokasi anggaran transfer ke daerah dan dana desa bahkan melampaui alokasi anggaran kementerian/lembaga. Namun, Ia menambahkan bahwa sebagai Konsekuensinya, diperlukan pelayanan, koordinasi, dan monitoring evaluasi yang lebih efektif terhadap kinerja pelaksanaan anggaran pusat dan daerah.

Bupati Gorontalo berharap, dengan beberapa rekomendasi dan evaluasi yang telah disampaikan oleh Kanwil Perbendaharaan dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Gorontalo, agar segera ditindak lanjut demi peningkatan kinerja dan kualitas di Pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo.

Diakhir kesempatan, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo dan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Gorontalo didampingi oleh Kaban Keuangan, Yusran Lapananda  melihat langsung Ruang pelayanan PROBADUT diruang pelayanan terpadu Badan Keuangan Kabupaten Gorontalo.