Bupati Gorontalo Buka Bimtek Analisis Standar Belanja dan Ebudgeting

Limboto – Bupati Nelson Pomalingo membuka kegiatan Bimtek ASB dan Ebudgeting di Hotel Milana, Limboto, Kabupaten Gorontalo. Pembukaan acara ini ditandai dengan pemukulan palu sidang. Bupati Gorontalo, Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M. Pd. dalam sambutannya menyebutkan bahwa pendekatan Analisis Standar Belanja dapat memberi beberapa manfaat seperti penetapan plafon anggaran menjadi lebih obyektif, meminimalisir pengeluaran yang kurang jelas, penentuan pagu anggaran berdasarkan pada tolok ukur yang jelas, penentuan besaran alokasi setiap kegiatan menjadi objektif serta penyusunan anggaran lebih efektif, efisien dan tepat waktu. Bupati berharap agar semua peserta yang merupakan Bendahara Pengeluaran dan Kepala Sub Bagian Penyusunan Program dan Perencanaan di instansi masing-masing dapat mengikuti acara ini dengan sebaik mungkin sehingga dapat langsung menerapkannya pada penyusunan APBD Pemerintah Kabupaten Gorontalo tahun anggaran 2018.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Badan Keuangan DR. Abdul Manaf Dunggio, M. Si., menyampaikan bahwa penyelenggaraan bimtek ini sudah sesuai dengan amanat Permendagri 13 Tahun 2006 pasal 93 bahwa Penyusunan RKA-SKPD berdasarkan Indikator Kinerja, Capaian Target Kinerja, Analisis Standar Belanja, Standar Satuan Harga Dan Standar Pelayanan Minimal. “Implementasi ASB dan Ebudgeting diharapkan dapat membantu terwujudnya peningkatan kinerja keuangan daerah dengan mengoptimalkan anggaran yang ada untuk pencapaian sasaran dan target pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo semaksimal mungkin.”

Selama tiga hari ke depan, 7 – 9 Agustus 2017, peserta akan dibimbing oleh empat pemateri yang didatangkan langsung dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Selain memberikan pemahaman terkait seluk beluk penggunaan ASB dan Ebudgeting, pemateri juga akan menunjukkan cara melakukan penginputan RKA melalui aplikasi Ebudgeting yang sudah mengalami penyempurnaan dibanding versi sebelumnya.