Kaban Keuangan Luncurkan Sistem Informasi Verifikasi

Untuk tertibnya tata kelola keuangan daerah, khususnya berkas tagihan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam proses pencairan SP2D, baik Belanja tidak langsung, belanja pegawai, belanja barang dan jasa maupun belanja modal, Kepala Badan Keuangan selaku SKPKD, meluncurkan Layanan Sistem Informasi Verifikasi bertempat dilantai II Ruang Pola Badan Keuangan Kabupaten Gorontalo, Selasa (18/7).

Peluncuran layanan system Informasi Verifikasi ini diikuti langsung oleh Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dan Bendahara Pengeluaran diseluruh SKPD dilingkungan Pemkab Gorontalo. Mengawali penyampaiannya, Kaban Keuangan, Yusran Lapananda menjelaskan bahwa Layanan system informasi verifikasi ini adalah sebuah proses pengecekan kelengkapan berkas tagihan SKPD oleh PPK dan bendahara pengeluaran secara online dan terkoneksi langsung dengan Verifikator Badan Keuangan selaku BUD (Bendahara Umum Daerah).

Lebih lanjut Ia menambahkan bahwa Layanan ini diciptakan oleh salah seorang Staf Badan Keuangan yaitu Marlen Potale, dalam rangkaian Proyek Perubahan pada Diklat PIM IV Tahun 2017 yang didukung dengan Undang-undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2006 tentang Pedoman pengelolaan Keuangan Daerah.

Ditempat yang sama, Marlen Potale selaku Reformer menjelaskan bahwa Inovasi Sistem Verifikasi Informasi ini merupakan sebuah turunan dari Layanan PROBADUT karena berada pada tataran Prosedur Tepat dan Berkas Lengkap. Sehingga pihaknya berharap, Inovasi ini dapat didukung oleh seluruh Pihak khususnya Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) karena SIM Verifikasi ini diciptakan khusus untuk PPK agar benar-benar melaksanakan tugas sesuai dengan Tupoksinya.

Setelah diluncurkan oleh Kaban Keuangan, pada kegiatan ini juga diberikan sosialisasi tentang mekanisme penggunaan atau penginputan Aplikasi SIM Verifikasi oleh Kasubbid Anggaran, Haryanto Manan didampingi oleh Reformer, Marlen Potale.

Sesuai dengan surat Edaran, Layanan Sistem Informasi Verifikasi ini mulai akan diberlakukan Kamis Tanggal 20 Juli 2017.