Tertarik Majelis TGR, Pemkot Tomohon Berguru ke Kabgor

Nama Besar Kabupaten Gorontalo sudah sangat dikenal bagi daerah-daerah lain, khususnya dalam hal pengelolaan keuangan. Hal ini dibuktikan dengan begitu banyaknya prestasi-prestasi yang telah diraih termasuk Predikat Tertinggi dari Badan Pemeriksa Keuangan yaitu Opini Wajar Tanpa Pengecualian sebanyak 8 (delapan) kali. Salah satu Inovasi yang telah menjadi Brand Image Pemerintah Kabupaten Gorontalo adalah Pelaksanaan Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti Rugi (MP-TGR). Hal ini menjadi alasan Pemerintah Kota Tomohon melakukan Studi Komparasi ke Kabupaten Tertua di Provinsi Gorontalo ini.

Tim Studi Banding yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Pemkot Tomohon, Ir. Harold V. Lolowang, M.Sc tersebut diterima langsung oleh Inspektur, Roswaty Lasimpala, SH.MH didampingi oleh Kepala Badan Keuangan, Dra. Dewi Masita Usman.,., Kabag Kerjasama Global, Sri Dewi R. Nani, SH serta sejumlah Pejabat dilingkungan Badan Keuangan dan Inspektorat Kabupaten Gorontalo diruang Upango Badan Keuangan, Rabu (13/3).

Mengawali kegiatan, Kaban Keuangan menjelaskan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan Pemkot Tomohon yang tertarik datang untuk mempelajari Pelaksanaan Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti Rugi di Kabupaten Gorontalo. Ia juga berharap dengan kunjungan ini dapat terjalin hubungan kerjasama yang baik antara Pemkot Tomohon dan Pemkab gorontalo. Ditempat yang sama,

Roswaty Lasimpala juga menambahkan bahwa saat ini masih sementara mempelajari dan mengkaji regulasi terbaru tentang Tata Cara Pelaksanaan Tuntutan Ganti Rugi yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat.

Sementara itu, Sekda Tomohon menjelaskan bahwa selain tertarik dengan nama besar Kabupaten Gorontalo, tujuan utamanya memilih Kabgor karena ingin memperbaiki pengelolaan keuangan di Kota Tomohon sehingga dapat mengikuti jejak Pemkab Gorontalo dalam melaksanakan Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti Rugi (MP-TGR).

Dalam kesempatan itu, Sekda yang didampingi oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah, Drs. Gerardus E. Mogi., Inspektur, Max M. Mentu, S.IP, M.AP., Kepala Bagian Hukum, Denny M. Mangurap, SH serta sejumlah pejabat di Pemerintah Kota Tomohon tersebut juga diberikan kesempatan untuk bertukar fikiran dalam forum diskusi terkait pelaksanaan Majelis Pertimbangan Tuntutan Ganti Rugi baik di Pemkab Gorontalo maupun Pemkot Tomohon.